Hipnoterapi- Metode Penyembuhan Luka Batin

Hipnoterapi- Metode Penyembuhan Luka Batin


Hipnoterapi adalah metode penyembuhan luka batin yang memanfaatkan kekuatan pikiran bawah sadar, sangat efektif untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan mental dan fisik. Awal dari gangguan kesehatan mental adalah sebuah ”luka asal” yang yang diperoleh karena trauma / kejadian masa lalu. Seseorang yang setiap hari mendapat tekanan yang keras, lingkungan yang tidak mendukung, tekanan sosial, masalah keluarga, perlakuan buruk waktu kecil, pelecehan dsb.

Kejadian trauma yang menyebabkan ”luka asal” ini sering kali sudah terlupakan, tetapi tidak hilang dan tetap tersimpan sebagai memori trauma dalam pikiran bawah sadar. Memori trauma ini bisa disamakan dengan memori dalam sistem komputer yang terkena virus, dimana dengan adanya virus ini bisa menyebabkan sistem kerja komputer menjadi kacau / Hang. Hal yang sama terjadi pada manusia, seiring berjalannya waktu memori trauma ini bisa menyebabkan berbagai macam gangguan mental.

Rasa bersalah, rasa cemas berlebihan, phobia, merasa rendah diri, perasaan tidak berharga, kemarahan, kebencian, psikosomatis adalah tanda adanya luka didalam batin seseorang. Luka batin ini jika tidak diobati akan semakin dalam dan mengakibatkan berbagai hal gangguan dan penyakit dalam hidup seseorang.
Trauma batin tidak terlihat bahkan terkadang penderita tidak merasakan, tetapi orang sekitar penderita / keluarga yang merasakan dampaknya. Biasanya penderita sangat sulit diajak berobat, sehingga menjadi semakin parah dan sulit diobati.

Metode Penyembuhan Luka Batin

Metode penyembuhan luka batin hipnoterapi khususnya Transpersonal Healing mencari dan menyembuhkan ”luka asal” terlebih dahulu yang kemudian berdampak pada penyembuhan secara total dan menyeluruh.

Manfaat hipnoterapi sangat luas dalam hal penyembuhan masalah kesehatan mental seperti Phobia, Depresi, Insomnia, Halusinasi, Masalah Berat Badan, Kecanduan, Kesepian, Sering Marah Tanpa Sebab, Psikosomatis, Problem Sosial, Stres, sakit fisik tanpa sebab, gangguan mahluk halus.

Dasar kerja hipnoterapi adalah memanfaatkan pikiran kreatif, metode ini juga sangat efektif dipergunakan dalam hal pengembangan diri seperti : Menemukan Tujuan Hidup, Meningkatkan Prestasi Kerja, Prestasi Olah Raga, Manajemen Stres, Kreatifitas, Konsentrasi, Self Confidence, Motivasi dsb.

Baca Juga: Gangguan Kepribadian Narsistik

Sejarah dan Tokoh Hipnoterapi.

Sejarah hipnoterapi sudah ratusan tahun, dimulai oleh Frederick Anton Mesmer – Ahli pengobatan dari Austria yang kemudian pindah ke Paris – (1734 -1815) – metode penyembuhan dengan magnet dikenal sebagai Magnetism / Mesmerism

Marquis de Puysegur (1781 – 1825) – Pengikut dari Mesmer, yang pertama kali menemukan Somanmbulism.(keadaan trance) yang menyerupai kondisi tidur.

Joseph Philipe Francois Deleuze (1753-1835) menemukan bahwa sugesti yang diberikan saat trance terbawa setelah sadar kembali. Keduanya masih menganggap bahwa kondisi hypnosis dihasilkan oleh magnet bukan oleh subyek.

Dr.James Braid (1795 – 1860) menemukan bahwa Hipnosis kata yang berasal dari bahasa yunani “Hypnos” artinya tidur tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Dia juga yang pertama kali menemukan bahwa hipnosis dapat tercapai dengan konsentrasi bukan dengan magnet.

Dr.John Elliotson (1791 – 1868) professor of Medicine at University college in London, President of the Royal Medical Society yang perrtama kali memakai hipnosis sebagai pengganti anestesi dalam operasi.

Dr James Esdaile (1808 – 1893 ) seorang dokter di india yang melakukan operasi tanpa anestesi

Jean Martin Charcot (1825 – 1893) merupakan seorang dokter berkebangsaan Perancis yang mengembangkan teknik hipnosis dan sugesti mental untuk menyembuhkan pasien psiko-neurotis, khususnya penderita histeria.

Pierre Janet, seorang neurologis / psikiater menemukan pasien akan memblok memori yang menyebabkan trauma dan memori tersebut dapat ditimbulkan kembali lewat hipnosis untuk dimengerti.

Auguste Ambroise Leibeault (1823 -1904) dan Hippolyte Bernheim (1837 -1919) dokter dan neurologis dari paris, yang pertama kali menghargai hipnosis sebagai fenomena normal.

Sigmund Freud ( 1856 – 1939 ) seorang dokter jiwa Austria keturunan Yahudi, adalah tokoh yang sangat berpengaruh dalam ilmu psikologi. Pemikiran dan teori Freud banyak diikuti dan dijadikan acuan oleh para ahli psikologi. Menurut Freud, kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran, yakni sadar (conscious), prasadar (preconscious), dan tak-sadar (unconscious). Konsep dari teori Freud yang paling terkenal adalah tentang adanya alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku. Selain itu, dia juga memberikan pernyataan bahwa perilaku manusia didasari pada hasrat seksualitas (eros) yang pada awalnya dirasakan oleh manusia. Freud pada awalnya memakai metode hipnosis untuk menyembuhkan pasien pasiennya, tetapi kemudian mengembangkan metode psikoanalisa yang fenomenal. Meskipun Sigmund Freud tidak lagi memakai metode hipnosis, teori Freud mengenai tingkat kesadaran menjadi dasar dari metode hipnosis.

Edgar Cayce (1877 – 1945 ) seorang ahli hipnosis yang tinggal di Amerika dikenal sebagai “Sleeping Prophet” karena dia bisa mengakses dalam subconscious mind dengan self hipnosis untuk menyembuhkan pasien.

Milton H.Ericson (1901 – 1980 ) dikenal sebagai bapak hipnosis modern, seorang psikiater, psikolog dan hipnotherapis yang membuat praktek hipnoterapi bisa diterima oleh banyak kalangan.

Pada tahun 1955 The British Medical Association mengijinkan pemakaian hipnosis untuk pengobatan histeria dan anestesi

Tahun 1958 The American Medical Association mengijinkan penggunaan hipnosis untuk pengobatan. Tetapi melarang untuk keperluan stage hypnotis.

Saat ini hipnoterapi sangat popular di US, Eropa, Jepang dan Australia karena memiliki tingkat efektifitas penyembuhan yang sangat cepat.

Baca Juga: Penyebab Luka Batin

Perkembangan Hipnoterapi Di Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia ? perkembangan hipnoterapi Indonesia bisa dikatakan sangat ketinggalan dibandingkan dengan negara lain; hipnoterapi masih dipandang dengan rasa curiga dan diperparah lagi dengan tayangan hipnotis panggung di televisi. Metode hipnosis / hipnotis yang seharusnya bisa dipergunakan untuk hal yang lebih besar dan berguna, malah jadi tontonan yang lucu.

Praktek pengobatan hipnoterapi yang sebenarnya adalah terapi psikologi masih belum dimengerti oleh sebagian masyarakat Indonesia. Meskipun demikian keingintahuan masyarakat atas hipnoterapi sangat besar, yang terkadang dimanfaatkan sebagian orang untuk mengeruk keuntungan dengan memberikan pelatihan hipnoterapi yang tidak bermutu. Bagaimana mungkin suatu pelatihan instan hipnoterapi selama 5 atau 6 jam bisa mengajarkan praktek hipnoterapi secara lengkap dan membuat peserta bisa langsung praktek sebagai hipnoterapis?

Di negara maju pelatihan hipnoterapi dilakukan dengan standard tertentu sehingga bisa diperoleh sertifikasi sebagai tanda kualifikasi seseorang  Hipnoterapi di negara barat sudah bisa diterima secara luas sebagai sarana terapi penyakit kejiwaan dan telah dipraktekkan oleh para dokter jiwa, psikiater, psikolog dan konsultan psikologi.

Hipnotis = Gendam = Ilmu Hitam ?

Pro kontra terhadap sesuatu yang baru akan selalu terjadi. Seperti teori bentuk bumi bulat saat awal dikemukakan oleh Galileo, dan kemudian membuatnya dihukum mati. Akan tetapi sekarang terbukti bahwa bumi ini memang bulat.
Hipnosis juga tidak lepas pro dan kontra terutama di Indonesia. Kondisi hipnosis sebetulnya adalah kondisi yang sangat relaks dan terkonsentrasi, kondisi ini dialami orang setiap hari seperti awal bangun tidur di pagi hari, nonton film, baca buku, meditasi, zikir, mendengarkan ceramah dsb.
Dalam keseharian kita juga banyak sekali di “hipnotis” oleh iklan di TV, koran, baliho iklan, ceramah dsb.
Coba amati bagaimana reaksi kita mendengar ”Apapun makanannya minumnya ……… ” atau ”bukan basa basi”.

Hipnosis bisa juga dikatakan sebagai ilmu komunikasi modern, dan banyak sekali tokoh yang memanfaatkan hipnosis atau NLP dalam komunikasi masa; yang paling terkenal adalah Barack Obama, presiden Amerika serikat.

Kondisi hipnosis bukanlah kondisi tidur dan tidak sadar, seseorang yang masuk dalam kondisi hipnosis / trance tetap sadar dan bisa berinteraksi; karena itulah inti dari penyembuhan hipnoterapi.
Hipnoterapi memanfaatkan kondisi hipnosis agar bisa diberikan sugesti positif sehingga tercapai tujuan penyembuhan. Sugesti ini bisa berjalan kalau pasien mau menerima dan tidak bertentangan dengan nilai nilai dasar yang dianut.

Masuk dalam kondisi hipnosis hanya bisa dilakukan kalau pasien bersedia mengalami kondisi relaks, santai dan nyaman. Tidak mungkin dilakukan pemaksaan agar seseorang bisa di hipnotis; kondisi hipnosis hanya bisa terjadi bila diijinkan oleh ybs. Untuk masuk dalam kondisi hipnosis hanya diperlukan keadaan yang relaks dan nyaman, sama sekali tidak ada mantra atau ritual khusus.

Pengertian salah tentang hipnosis juga diakibatkan ketidak mengertian media terhadap hipnosis. Banyak penipuan yang selalu dikaitkan dengan hipnosis, yang sebenarnya adalah penipuan biasa dengan memanfaatkan kelemahan korban.

Seorang hipnoterapis dalam melakukan praktek telah membekali diri dengan berbagai macam teknik dengan maksud untuk penyembuhan dan penyelesaian masalah. Hipnoterapis wajib mempunyai sertifikat sebagai tanda bahwa dia telah menyelesaikan pendidikan yang telah distandarisasi dan dianggap layak oleh lembaga sertifikasi hipnoterapis. Seperti di Indonesia adalah IBH (Indonesian Board Of Hipnotherapist) atau dalam skala yang internasional adalah NGH ( National Guild of Hypnotists, USA). Seorang hipnoterapis sesuai dengan bidang ilmunya jauh dari kesan paranormal yang identik dengan ilmu hitam. Selain itu seorang hipnoterapis juga wajib mempunyai bekal ilmu psikologi.

Tanya Jawab Tentang Hipnoterapi

T : Apakah Hipnoterapi itu?
J : Hipnoterapi adalah metoda psikoterapi atau terapi psikologi yang dilakukan pada kondisi klien dalam kondisi trance / hipnosis. Hipnoterapi sangat efektif digunakan untuk penyelesaian permasalahan mental seperti trauma, phobia, kecemasan, stress, psikosomatis, insomnia, depresi, kesedihan, kemarahan.
T : Apa beda Hipnoterapi dan Hipnotis
J  : Hipnotis yang selama ini dikenal masyarakat luas adalah stage hypnotist / hipnotis panggung yang digunakan sebagai hiburan semata, banyak manipulasi yang terjadi pada hipnotis panggung dengan tujuan kemeriahan sebuah acara hiburan. Sangat berbeda dengan hipnoterapi yang dimaksudkan sebagai terapi penyelesaian masalah mental. Hipnoterapi tidak dimaksudkan sebagai  sarana permainan sehingga sangat berbeda dengan hipnotis panggung yang selama ini terjadi. Sebenarnya kata hipnotis adalah teknik memasukkan klien kedalam kondisi relaks / trance, hipnoterapi adalah terapi psikologi yang memakai hipnotis sebagai sarana dasar.
T : Hipnotis aman digunakan ?.
J :  Setiap hari anda keluar masuk kondisi hipnotis tanpa anda sadari : nonton film, baca buku, dengar musik, lihat iklan, dengar ceramah dsb.  Andalah yang memutuskan untuk masuk dan keluar dari  kondisi hipnotis,  sehingga hipnotis aman digunakan. Hipnotis adalah metoda terapi non obat dan non invasif, tanpa obat dan tanpa alat, sehingga tidak ada efek samping dengan tingkat keamanan yang tinggi
T : Apa bedanya tayangan Hipnotis di TV dan Hipnoterapi ?
J : Hipnotis di TV atau biasa dikenal sebagai stage hipnotis bertujuan untuk entertainment pemirsa, sebagai hiburan yang kental dengan manipulasi. Penayangan dan sugesti yang tidak tepat justru akan merugikan subjek yang dihipnotis. Hipnoterapi bertujuan mencari akar masalah untuk penyembuhan pasien, tidak ada unsur manipulasi dan hiburan.
T : Apakah hipnoterapis bisa mengorek rahasia pribadi ?
J : Hipnoterapis profesional bekerja dengan waktu yang terbatas, tidak ada gunanya dan membuang waktu bagi terapis untuk mengorek rahasia pribadi. Tujuan dari  hipnoterapi adalah untuk penyembuhan bukan untuk  mencari rahasia pribadi. Pencarian akar masalah terjadi dan dilakukan oleh pasien sendiri, hipnoterapis hanya membimbing. Kalaupun dalam akar masalah terdapat hal yang bersifat pribadi, seorang hipnoterapis terikat dengan kode etik profesi untuk tidak menceritakan kepada orang lain. Dalam kondisi hipnotis, anda tetap sadar dan anda bisa menolak menjawab pertanyaan yang diajukan terapis.
T : Apakah dalam kondisi hipnotis saya tidak sadar sama sekali ?
J :  Dalam kondisi hipnotis anda tetap sadar dan bisa mengingat semua yang terjadi dalam kondisi hipnotis. Kondisi hipnotis bukan kondisi tidur pulas atau mati suri, sehingga anda tetap memegang kendali. Pasien bisa menolak apabila terapis melakukan hal hal yang tidak semestinya.
T : Apakah saat di hipnotis saya tidak bisa bangun kalau tidak dibangunkan terapisnya ?
J :  Kondisi hipnotis memang sebaiknya ”dibangunkan” dengan teknik terminasi yang baik oleh terapis, hal ini untuk menghindari rasa disorientasi seperti pusing, dan tidak nyaman saja. Akan tetapi anda tetap bisa ”bangun” setiap saat tanpa perlu bantuan terapis, anda yang pegang kendali saat sesi. Karena anda tidak tidur anda tetap sadar saat sesi hipnoterapi.
T : Apakah hipnotis memakai mantra tertentu sehingga bisa menidurkan orang ?
J : Tidak, hipnotis hanya memakai komunikasi dengan bahasa yang anda mengerti. Hipnotis hanya bisa berhasil kalau anda mengerti dan bisa berkomunikasi dengan terapis, bila anda hanya bisa berbahasa indonesia tetapi terapisnya berbahasa inggris, proses hipnotis tidak akan terjadi. Dan yang pasti saat di hipnotis anda bukan tidur, anda tetap sadar dan mampu mengingat apa yang terjadi.
T : Apakah mungkin saya dilecehkan secara seksual oleh hipnoterapis saat dihipnotis?
J : Keadaan hipnotis adalah keadaan yang sangat relaks, bukan keadaan tertidur pulas. Anda tetap sadar dan mampu mengingat apa yang terjadi saat sesi maupun sebelum sesi. Anda bisa menolak dan langsung berdiri bila terjadi sesuatu yang merugikan anda. Sesi hipnoterapi dilakukan sama sekali tanpa sentuhan / kontak fisik,dan juga tidak ada keperluan membuka pakaian. Anda bisa langsung menolak bila anda merasa ada suatu ketidak wajaran. Bila anda ragu, tidak ada salahnya anda minta didampingi anggota keluarga, karena keraguan bisa menghambat proses hipnoterapi.
T :  Apakah saya bisa dihipnotis setiap saat ?
J :  Anda bisa di hipnotis jika anda mengijinkan. Proses hipnotis tidak bisa berjalan tanpa ijin anda.

T : Bagaimana proses hipnoterapi tersebut ?
J : Sebelum dilakukan sesi terapi, pasien akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai hipnoterapi dan prosesnya. Setelah itu pasien diminta duduk relaks dibangku terapi dan diajak berkomunikasi dengan terapis, tidak ada kontak fisik sama sekali. Tidak ada proses pemijatan atau lainnya. Pasien hanya relaks dan visualisasi sesuai arahan terapis.

Hipnoterapi Metode Penyembuhan Luka Batin

Apa kriteria Hipnoterapis yang baik ?

Saat ini banyak diadakan pelatihan hipnoterapi instant yang menjanjikan bisa membuat seseorang menjadi hipnoterapis handal hanya dalam waktu 1 hari saja. Suatu hal yang mustahil terjadi. Hipnoterapi tidak bisa dipelajari hanya dalam waktu singkat. Dibutuhkan waktu belajar teori dan praktek yang cukup  lama agar seseorang bisa menjadi hipnoterapis sehingga bisa membantu permasalahan orang lain.National Guild of Hypnotists, adalah organisasi praktisi hipnoterapi dan hipnotis terbesar dan tertua di dunia, berdiri sejak tahun 1951, berkantor pusat di Amerika Serikat. NGH telah memberikan standarisasi pada pelatihan hipnoterapi, sehingga setiap hipnoterapis yang telah dilatih dengan baik sesuai standard NGH bisa memperoleh sertifikasi sebagai Certified Hypnotherapist atau Certified Consulting Hypnotist. Selain sertifikasi NGH yang dibutuhkan seorang hipnoterapis adalah pengalaman langsung praktek menangani pasien. Dengan pelatihan dalam waktu singkat dan tanpa pengalaman praktek tentunya sulit dikatakan sebagai seorang hipnoterapis yang layak. Seorang hipnoterapis yang baik membutuhkan pengalaman dalam menangani permasalahan seorang klien.

Hipnoterapis juga berbeda dengan trainer hipnotis dan aktor hipnotis panggung. Trainer mempunyai kemampuan dalam memberikan trainning hipnoterapi tetapi belum tentu bisa menangani setiap permasalahan klien. Demikian juga dengan aktor hipnotis panggung yang sangat ahli memainkan teknik hipnotis sebagai sarana entertainment, belum tentu mampu menangani permasalahan luka batin klien.  Seorang hipnoterapis yang baik adalah yang telah mempunyai sertifikasi International, berpengalaman sebagai terapis, dan yang terakhir telah terdaftar sebagai pengobat alternatif di dinas kesehatan dengan mempunyai ijin STPT (Surat Terdaftar Pengobat Tradisional).

1598615

 

Baca Juga: Gangguan Psikologis dan Luka Batin