Hipnotis Panggung dan Hipnoterapi

Hipnotis Panggung dan Hipnoterapi


Perbedaan Hipnoterapi dan Hipnotis Panggung

Pada umumnya masyarakat menyamakan metode hipnoterapi dan hipnotis panggung yang biasa digunakan di atas panggung pertunjukan. Hipnoterapi sangat berbeda dengan hipnotis panggung yang dipakai untuk tujuan menghibur penonton. Teknik dasar yang dipakai dalam hipnotis panggung adalah induksi cepat, trance, deeping dan visualisasi.

Dalam hipnotis panggung dibutuhkan ketrampilan aktor dalam memilih subjek yang tepat sehingga bisa diajak bermain bersama dan tercipta suasana yang heboh. Pemilihan subjek ini sangat penting terutama dalam permainan hipnotis on street agar aktor hipnotis tidak dipermalukan didepan penonton. Agar permainan berjalan sesuai rencana skenario, tidak jarang dilakukan manipulasi subjek, atau subjek sudah dipersiapkan sejak awal sebelum acara dimulai. Seperti misalnya subjek dipilih terlebih dahulu, subjek sudah dalam keadaan trance dsb. Didalam acara TV yang tidak live, ada kemungkinan dilakukan beberapa kali shooting sehingga hasilnya bisa sangat dramatis.

Tujuan dari hipnotis panggung adalah permainan hipnotis yang menyenangkan penonton, sangat berbeda dengan hipnoterapi yang bertujuan mencari penyelesaian permasalahan batin / jiwa. Didalam hipnoterapi seorang terapis tidak bisa hanya mempunyai ketrampilan induksi dan deeping saja, menidurkan subjek bukanlah tujuan utama hipnoterapi. Justru pekerjaan utama seorang hipnoterapis adalah bagaimana mencari akar permasalahan dari klien / subjek dan menyelesaikan bersama.

Baca Juga: Mengenal Kondisi Trance Hypnosis

Didalam proses terapi banyak dibutuhkan teknik teknik terapi psikologi dan transpersonal. Permasalahan setiap klien selalu berbeda dan harus ditangani secara berbeda pula. Apabila dalam hipnotis panggung tepuk tangan penonton adalah tujuan akhir, dalam sesi hipnoterapi, senyum klien diakhir sesi terapi adalah tujuan utama.

Hipnotis panggung seharusnya juga memperhatikan kesehatan mental dari subjek, bentuk permainan yang tidak bertanggung jawab bisa mempengaruhi kondisi mental subjek diakhir acara. Seperti misalnya seorang subjek yang pada awalnya mempunyai trauma akibat tersengat listrik,dan trauma ini terpendam dalam pikiran bawah sadar. Kemudian secara tidak sengaja dalam permainan hipnotis panggung, subjek diminta melakukan visualisasi seakan akan tersengat aliran listrik. Trauma lama yang asalnya sudah terpendam akan bangkit kembali dan bisa berakibat fatal bagi subjek.

Pesan saya berhati hatilah apabila anda ingin berpartisipasi dalam permainan hipnotis panggung.

Penyamarataan hipnoterapi dan hipnotis panggung membuat banyak orang jadi takut terhadap metoda hipnoterapi. Keadaan ini diperparah oleh ketidak mengertian media yang selalu memberitakan kejahatan penipuan sebagai kejahatan hipnotis. Hipnoterapi yang sebenarnya adalah metoda yang sangat ampuh dalam mengatasi masalah masalah mental saat ini masih belum mendapatkan tempat yang baik dalam pemeliharaan kesehatan mental masyarakat.

Baca Juga:Hipnoterapi dan Solusi Masalah Kesehatan Mental