Kesehatan Holistik – Body Mind Spirit – Kesehatan Lahir Batin

Kesehatan Holistik – Body Mind Spirit – Kesehatan Lahir Batin


Kesehatan Lahir Batin

Manusia adalah satu kesatuan yang utuh dalam Tubuh Fisik, Pikiran dan Jiwa. Body – Mind – Spirit.  Ketiga hal ini berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain, kesehatan tubuh fisik dipengaruhi dan mempengaruhi kesehatan pikiran dan Jiwa.  Ketiga hal diatas tidak bisa terpisahkan dan saling mempengaruhi dalam kehidupan manusia, sehingga bisa disebut sebagai kesehatan lahir batin

Manusia bukanlah melulu tubuh FISIK yang terdiri seonggok tulang, daging dan darah. Ada sesuatu yang mengerakan tubuh fisik ini yaitu Jiwa / Spirit. Dengan adanya jiwa terjadilah kehidupan dalam tubuh, sehingga tubuh fisik bisa bergerak, bernapas, makan, minum, berkembang biak. Inilah yang disebut mahluk hidup.
Kalau hanya bergerak dan berkembang biak manusia tidak  berbeda dengan hewan, ada hal lain yang membuat manusia bisa lebih maju dibandingkan mahluk hidup lainnya di bumi ini yaitu PIKIRAN. Dengan pikirannya manusia menjadi maju, menciptakan teknologi, menguasai bumi bahkan melakukan penjelajahan ke ruang angkasa.

Luka batin terjadi pada level Mind dan Spirit, luka yang tidak terlihat tetapi bisa mengakibatkan hal yang fatal. Dengan terganggunya kesehatan batin secara otomatis terganggu juga kesehatan fisik, dengan munculnya penyakit fisik tanpa sebab yang jelas seperti migrain, gangguan fungsi tiroid, Maag / asam lambung, penyakit syaraf, kista bahkan kanker.

Pengobatan medis barat berdasarkan filosofi bahwa tubuh manusia adalah mesin mekanis yang kalau ada masalah harus juga ditangani secara mekanis, seperti pemberian obat kimiawi dan tindakan operasi. Dari hasil penelitian medis, gejala luka batin terjadi karena adanya kekurangan zat kimia neurotransmiter pada otak dan sistem syaraf seperti asetilkolin, dopamin, norepinefrin, dan serotonin. Dengan pemberian obat kimia pengganti neurotransmiter alami diharapkan gejala luka batin bisa teratasi.

Pengobatan medis modern tidak berhasil memberikan solusi atas penyakit akibat luka batin. Luka batin tidak bisa diobati dengan obat kimia, kemoterapi dan operasi. Pemberian obat anti depresan hanya menekan gejala luka batin, tetapi luka yang terjadi pada batin bagian dalam tetap tidak sembuh. Akibatnya terjadilah ketergantungan pada obat obatan yang semakin lama semakin besar dosisnya. Adanya efek samping pada obat kimiawi yang dikonsumsi secara terus menerus dapat berakibat pada rusaknya organ tubuh.

Manusia bukanlah tubuh mesin tetapi merupakan kesatuan utuh Body, Mind & Spirit. Pengobatan luka batin seharusnya mengacu pada filosofi Body – Mind – Spirit.

Baca Juga: Penyembuhan Luka Batin