Terapi Menyembuhkan Luka Batin – Forgiveness Therapy

Terapi Menyembuhkan Luka Batin – Forgiveness Therapy


Manusia terdiri dari tubuh fisik dan batin. Fisik adalah hal yang kasat mata seperti tubuh, tangan, kaki, kepala, kulit,organ dalam,organ kelamin. Batin sesuatu yang tidak kasat mata tetapi bisa dirasakan meliputi pikiran, emosi, perasaan dan tingkah laku  Fisik bisa terluka, batinpun bisa juga terluka. Fisik terluka karena sesuatu sebab yang kasat mata seperti kecelakaan, kecerobohan, atau perkelahian. Batin terluka karena suatu trauma masa lalu yang sangat membekas dalam pikiran bawah sadar. Pada artikel ini saya berbagi cara bagaimana anda bisa menerapi diri anda sendiri, mengurangi dan menyembuhkan luka batin. Metode ini telah banyak sekali membantu klien yang mengalami luka batin akibat trauma masa lalu.

Faktor Penyebab Luka Batin

Penyebab luka fisik umumnya bisa diketahui dengan sangat mudah, tubuh manusia dilengkapi dengan sensor rasa sakit apabila terjadi luka. Penyebab luka batin kadang tidak bisa diketahui dengan mudah karena tersimpan rapat dalam pikiran bawah sadar. Sebenarnya sama dengan luka fisik, batin manusia juga dilengkapi dengan sensor apabila terjadi luka batin. Timbulnya rasa stres, ketakutan, cemas,  merupakan sensor awal terjadinya  luka batin, tetapi sayangnya sebagian besar dari kita tidak peka terhadap sensor tersebut. Sama seperti luka fisik yang tidak diobati bisa berakibat infeksi, luka batin yang tidak diobati secara perlahan akan berakibat pada penyakit jiwa seperti phobia, bipolar dsb.

Penyebab luka batin pada umumnya terjadi karena trauma masa lalu yang tersimpan dalam pikiran bawah sadar. Trauma masa lalu menyimpan dendam, kemarahan, rasa kecewa, ketakutan, kesedihan yang terkubur rapat tetapi tidak bisa hilang. Energi emosi ini akan terus membesar dan akan mencari kesempatan untuk keluar dalam bentuk gangguan psikologi, sama seperti gunung berapi yang menyimpan energi ledakan dahsyat.

Terapi Menyembuhkan Luka Batin

Dalam sesi hipnoterapi untuk menyembuhkan luka batin,  memori dan emosi luka batin yang terpendam dalam pikiran bawah sadar akan dihadirkan kembali untuk diselesaikan dengan berbagai cara, salah satu caranya adalah dengan memaafkan. Metode terapi luka batin ini disebut Forgiveness Therapy atau terapi memaafkan.

Metode terapi  memaafkan ini pada dasarnya adalah memaafkan orang lain, meminta maaf dan memaafkan diri sendiri. Sebelum melakukan metode ini, apabila anda bisa mengingat kejadian yang membuat anda terluka, anda bisa membayangkan orang tersebut. Akan tetapi apabila anda telah lupa atau terlalu sakit bila membayangkan kejadian tersebut, anda tidak perlu membayangkan apapun cukup ucapkan hal sebagai berikut:

  • Aku memaafkan semua orang yang pernah berbuat salah terhadapku, baik disengaja maupun tidak disengaja
  • Aku minta maaf pada semua orang yang pernah aku sakiti, baik disengaja maupun tidak disengaja
  • Aku maafkan diriku karena telah menyimpan rasa dendam, rasa marah, rasa jengkel, rasa kesal  dan rasa benci

Ucapkan dengan pelan sepenuh hati dan ulangi ketiga hal diatas sebanyak mungkin. Selama mengucapkann janganlah anda berpikir metode ini akan sia sia atau tidak ada gunanya. Cukup Lakukan saja dan biarkan segala sesuatu akan berjalan dengan alami.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Penyembuhan Luka Batin