Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan

Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan


Stres adalah kondisi psikologis yang diakibatkan tekanan psikis yang berlebihan seperti beban pekerjaan yang berlebihan, kematian pasangan, kehilangan pekerjaan, masalah ekonomi dsb. Pengaruh stres tidak hanya menurunkan kemampuan kita dalam menyesuaikan diri , tetapi secara umum juga mempengaruhi kesehatan. Hampir semua penyakit fisik yang dialami seseorang berhubungan dengan stres. Banyak sekali pengaruh stres terhadap kesehatan, stres meningkatkan resiko terkena berbagai jenis penyakit fisik dari mulai gangguan pencernaan sampai penyakit jantung.

Pengaruh Stres Terhadap Kondisi Fisik

Ilmu Psikoneuroimunologi mempelajari hubungan antara faktor faktor psikologi, terutama stres, dengan cara kerja sistem endokrin, sistem kekebalan tubuh, dan sistem saraf.

pengaruh stres terhadap kesehatan

 

Stres mempunyai efek domino terhadap sistem endokrin, yaitu sebuah sistem tubuh yang berupa kelenjar yang memproduksi dan melepaskan sekresi yang disebut hormon, langsung menuju saluran darah. Sistem endokrin terdiri dari kelenjar kelenjar yang mendistribusikan hormon ke seluruh tubuh.

Beberapa kelenjar endokrin terlibat dalam menampilkan respons tubuh terhadap stres. Kita tidak akan membahas terlalu detil fungsi masing masing kelenjar. Masing masing kelenjar mengeluarkan hormon yang saling mempengaruhi satu sama lain. Dalam kondisi stres, hormon adrenalin akan diproduksi secara banyak di kelenjar adrenal yang terletak menempel diatas ginjal. Hormon ini mempersiapkan tubuh untuk siap siaga mengatasi ancaman, tubuh menjadi tegang, denyut jantung cepat. Apabila stressor sudah terlewati tubuh kembali ke keadaan normal.

Selama terjadi stres kronis, tubuh akan terus menerus siaga, kelenjar endokrin akan menghasilkan hormon yang menyiapkan seluruh sistem tubuh siaga menghadapi bahaya. Sistem kerja siaga ini dipunyai manusia sejak awal dalam rangka mempertahankan kehidupan di alam liar, kondisi yang biasa disebut “Fight or Run”, dalam kondisi bahaya secara alami tubuh manusia mempersiapkan diri untuk melawan atau lari kalau kondisi tidak memungkinkan untuk melawan.

Pada jaman modern sekarang bahaya yang dihadapi manusia kadang tidak real. Orang bisa menjadi stres karena hal yang bersifat kondisi psikologis. Stres yang terjadi terus menerus akan memicu tubuh memompa keluar hormon hormon yang dapat menyebabkan kerusakan pada keseluruhan tubuh, termasuk menekan kemampuan dari sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi kita dari berbagai infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Hipnoterapi- Metode Penyembuhan Luka Batin