Penyembuhan Luka Batin

Penyembuhan Luka Batin


Luka batin menyebabkan kesedihan dan penyesalan atas hal yang terjadi dimasa lalu. Ada keinginan untuk mengulang masa lalu dan berharap tidak mengulang kesalahan yang sama. Memori masa lalu secara otomatis selalu terputar ulang dibarengi dengan perasaan penyesalan, kesedihan, kemarahan, kebencian, dan ketakutan. Kadang ingatan yang muncul tidak relevan dengan masa lalu, memori kesedihan, perasaan mengasihani diri sendiri, meratapi nasib, kemarahan, kebencian diri.

Masa lalu tidak bisa diulangi lagi. Perasaan batin yang terluka tidak bisa menerima keadaan saat ini, selalu menolak keadaan sekarang.  Selalu berandai andai dalam penyesalan, kesedihan dan air mata.Langkah penyembuhan luka batin yang pertama kali harus dilakukan adalah harus menerima keadaan saat ini terlebih dahulu, menolak keadaan justru akan membuat keadaan semakin parah. Dukungan keluarga sangat diperlukan dalam proses penyembuhan.  Menerima keadaan dengan ikhlas atas apa yang telah terjadi, akan menghilangkan rasa penyesalan. Menyesal atas kejadian lampau adalah hal yang tidak ada gunanya. Waktu tidak bisa diputar kembali, penyesalan hanyalah keinginan untuk mengulangi kembali kejadian dan berharap bisa memperbaiki keadaan.

Kehidupan bukanlah pelajaran disekolah yang bisa diulangi kalau tidak lulus ujian. Kehidupan adalah pelajaran jiwa yang bersifat sekali jalan, tidak ada nilai kelulusan, yang ada adalah bertambahnya kebijaksanaan seorang manusia.
Menerima secara ikhlas atas apapun kondisi saat ini, ikhlas adalah memaafkan masa lampau dan diri sendiri. Memaafkan adalah kunci penyembuhan luka batin. Memaafkan secara ikhlas dan tulus atas apapun yang terjadi dimasa lalu dan yang terpenting adalah memaafkan diri sendiri.

Penyembuhan luka batin bisa dilakukan sendiri yaitu dengan melakukan Afirmasi
“Saya memaafkan semua orang yang menjadi sebab atas penderitaan saya saat ini”  Bisa juga disebutkan nama kalau memang diketahui penyebab kejadian (seperti kasus putus asmara) kemudian dilanjutkan dengan
“Saya maafkan diri saya sendiri atas apapun yang terjadi” dan
“Saya mencintai diri saya apa adanya”.
Lakukan afirmasi ini secara terus menerus dan dengan ikhlas meneruskan kehidupan tanpa berharap apapun. Cara ini cukup efektif pada beberapa kasus ringan.

Metode Penyembuhan Luka Batin

Cara penyembuhan luka batin yang relatif cepat dan mudah adalah dengan Hipnoterapi; metode penyembuhan luka batin dengan hipnoterapi pada dasarnya adalah  memanfaatkan kekuatan batin bawah sadar.
Karena luka batin terjadi pada batin bawah sadar maka metode ini sangatlah tepat.  Dalam proses sesi hipnoterapi yang dilakukan adalah mencari akar masalah penyebab luka batin dan menyelesaikan masalah masa lalu yang kemudian berdampak pada penyembuhan secara total dan permanen.

Metode penyembuhan ini sangat efektif dalam mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan mental. Berbeda dengan metode pengobatan lainnya, metode hipnoterapi memanfaatkan kekuatan pikiran kreatif pasien sendiri. Metode ini hanya bisa sukses kalau ada kerja sama dan kepercayaan dari pasien terhadap terapis. Bisa dikatakan metode hipnoterapi adalah penyembuhan diri sendiri, terapis hanya membantu mengarahkan jalan penemuan akar masalah.

Manfaat hipnoterapi dalam penyembuhan luka batin sangat luas seperti: Phobia, Depresi, Insomnia, Halusinasi, Masalah Berat Badan, Kecemasan Kecanduan, Kesepian, Sering Marah  Tanpa Sebab, Psikosomatis, Problem Sosial, Stress, Depresi, Sakit tanpa sebab yang jelas, gangguan roh halus dsb.

Karena dasar kerja hipnoterapi dengan memanfaatkan pikiran kreatif, metode ini juga sangat efektif dipergunakan dalam hal pengembangan diri seperti : Menemukan Tujuan Hidup, Meningkatkan Prestasi Kerja, Prestasi Olah Raga, Manajemen Stres, Kreatifitas, Konsentrasi, Self Confidence, Motivasi dsb.

Hipnoterapi bukanlah ilmu hitam seperti yang sering disalah artikan. hipnoterapi dilakukan pada subjek yang tetap sadar selama sesi terapi. Tidak ada hal magis atau ritual khusus yang dilakukan. –

Klien hanya diminta untuk relaks kemudian dilakukan pencarian akar masalah yang menyebabkan luka batin. Memori atas terjadinya trauma dimunculkan kembali untuk diselesaikan melalui kacamata sekarang, penyelesaian dilakukan atas kesadaran klien sendiri. Hipnoterapi tidak bisa dilakukan apabila klien tidak bersedia melakukan terapi. Hubungi kami untuk info lebih lengkap – Terapi Luka Batin 

Baca Juga : Terapi Menyembuhkan Luka Batin – Forgiveness Therapy