Memahami Penderita Sakit Jiwa

Memahami Penderita Sakit Jiwa


Saya ingin bersimpati pada anda yang kebetulan mempunyai keluarga yang sedang menderita masalah kejiwaan. Sangat tidak mudah untuk merawat dan memahami anggota keluarga yang sedang bermasalah kejiwaan, apalagi yang sudah parah. Pada umumnya penderita sakit jiwa tidak menyadari penyakitnya, tetapi memberikan dampak pada lingkungan keluarga. Penderita sakit jiwa sulit diajak komunikasi, ngomong nglantur, marah tanpa sebab dsb. Penderita tidak merasa sakit dan pada umumnya tidak mau diajak berobat.

Sakit jiwa adalah penyakit yang berkaitan dengan kesehatan mental seseorang, sama seperti penyakit fisik biasanya ada sakit berat dan sakit ringan, demikian juga dengan sakit jiwa. Penyakit jiwa yang paling ringan adalah stres dan ada beberapa penyakit jiwa yang tergolong berat seperti schizophrenia dan bipolar.

Apakah Sakit Jiwa Bisa Menular?

Sakit jiwa tidak menular melalui kuman seperti penyakit infeksi, tetapi dampak psikologis bisa membuat anggota keluarga menjadi stres tertekan. Meskipun tidak berdampak menular secara langsung, secara perlahan anggota keluarga lain turut merasakan tekanan psikologis yang mungkin bisa berakibat pada gangguan psikologis ringan. Anggota keluarga yang sudah dewasa mungkin masih bisa menahan dampak psikologis, tetapi anak yang masih dalam masa tumbuh kembang sangat rentan terganggu.  Apabila ada diantara anda yang anggota keluarganya mengalami masalah kejiwaan dan mempunyai anggota keluarga yang masih kecil, sebaiknya anak tersebut dijauhkan dari penderita agar tidak mengganggu tumbuh kembang anak.

Apakah Orang Sakit Jiwa Bisa Sembuh?

Apabila ada anggota keluarga anda yang mengalami gangguan kesehatan jiwa sebaiknya anda segera konsultasikan pada ahlinya, jangan mencoba melakukan pengobatan sendiri yang mungkin tidak anda kuasai karena hal ini bisa malah berdampak lebih parah pada penyakit penderita. Apabila terjadi keadaan genting seperti penderita akan bunuh diri, menyerang orang lain, histeris dsb. Jangan ragu untuk menghubungi UGD rumah sakit jiwa terdekat.

Penyakit jiwa sama dengan penyakit fisik lainnya, hanya tidak bisa dilihat secara langsung. Jadi tidak perlu merasa malu apabila ada anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan jiwa parah. Rasa malu justru akan menghalangi penyembuhan penyakit jiwa, yang seharusnya bisa disembuhkan lebih awal.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Hipnoterapi dan Solusi Masalah Kesehatan Mental